Friday, January 6, 2012

2011 Lessons Learnt di Digital Marketing

Article ini mencoba untuk me-recap digital marketing activities di tahun 2011.

Seperti bisa di lihat di post-post sebelumnya banyak sekali aktifitas berputar di Social Media.
Memang tidak aneh di karenakan user base yang naik pesat di tahun 2010 dan 2011, perusahaan dan brands berbondong-bondong lari ke social media.

Di luar social media marketing, Brand dan Perusahaan mulai berbuka mata dan budget untuk Ad Networks seperti Ad Max dan Micro Ad Indonesia. Banyak campaign-campaign sudah berjalan dengan networks-networks tersebut.

Banyak Brands berharap Digital Media lebih murah dan lebih effective di banding rate card media ATL yang semakin tahun semakin mahal. Tapi apakah benar yang di janjikan Agency2 atau pun dollars spent tahun lalu tercapai KPI?

Hal ini yang sering kali kami belum, atau belum bisa mem-quantify. Lessons learnt untuk tahun 2011 menurut saya adalah untuk membentuk visi dan KPI semua digital marketing activities yang akan di jalankan. Memang banyak client selalu menanyakan ke Agency apakah bagus traffic saya setelah campaign berjalan? Tapi yang sulit adalah semua campaign berbudget beda, creative nya beda, timing pun beda. Agency akan sulit sekali untuk kasih jawaban yang pasti perihal itu. Benchmark pun tidak relevant untuk semua Brands, masa sudah mahal-mahal hanya mau mencapai benchmark?

Saran saya untuk Brands adalah "Measure everything" (CPC, CTR, Traffic, Sources, Referrals, Keywords, dll..) dan anda pasti akan mendapatkan benchmark sendiri yang lebih relevant dan bermanfaat untuk campaign berikutnya. Measure, Analyze and Optimize!

Good Luck.




No comments:

Post a Comment